5 Daftar pinjaman online syariah terdaftar di OJK

  • Whatsapp

FXlogan.com – Sebuah produk fintech atau financial technology yang beberapa tahun belakangan ini banyak beredar di masyarakat luas. Bila melihat kondisi masyarakat Indonesia saat ini termasuk pengguna internet yang paling aktif di dunia, dengan jumlah pengguna mencapai 132 juta orang, pemilik ponsel pintar mencapai 371 juta pelanggan, pemilik dan pengguna aktif akun social media mencapai 106 juta orang, yang rata-rata online selama sekitar 9 jam dalam sehari. Dengan begitu memang tidak salah bila dikatakan bahwa kondisi tersebut menunjang perkembangan fintech berkembang begitu pesat di tanah air indonesia.

Baca Juga : Harga emas ( Gold ) hari ini

Read More

Pernahkah anda mendengar fintech P2P ( Peer to Peer ) lending ?  P2P (peer-to-peer) Lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet. Layanan P2P merupakan penyelenggara badan hukum Indonesia yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Pinjaman online atau P2P lending tumbuh dengan begitu cepat. Tercatat bahwa pada awal tahun 2017, jumlah perusahaan P2P lending masih kurang dari 10 perusahaan. Sedangkan pada bulan Maret tahun 2019, jumlah P2P lending yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah ada 113 perusahaan, ini membuktikan bahwa fintech berkembang begitu pesat hingga saat ini. Perlu kita ketahui bersama bahwa P2P lending tersebut terdapat 2 klasifikasi untuk P2P lending-nya yaitu konvensional dan syariah. Berikut 5 Daftar pinjaman online syariah terdaftar OJK yang perlu anda ketahui.

#1 Investree

Investree adalah perusahaan pelopor P2P di Indonesia. Saya melakukan beberapa kali investasi lewat “investree”. Setelah berkembang lewat pinjaman konvensional, Investree menawarkan P2P berbasis Syariah. Investree menawarkan baik dari sisi pendanaan maupun dari sisi pembiayaan secara Syariah.

#2 Ammana

Ammana adalah pinjaman Syariah online P2P milik PT Ammana Fintek Syariah, yang menghubungkan pendana/lender dengan peminjam/borrower. Fokus peminjam adalah UMKM yang membutuhkan modal usaha melalui program pendanaan bersama.

Berbeda dengan P2P lain, pinjaman Ammana menerapkan sistem non direct funding yaitu pelaku UMKM wajib menjadi bagian/anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang terdaftar di Ammana yang berfungsi sebagai lembaga kurasi kelayakan usaha UMKM yang akan didanai bersama para lender/pendana melalui skema crowdfunding/pendanaan.

#3 Danakoo

Danakoo adalah pinjaman online Syariah P2P yang terdaftar di OJK. Tetapi, berdasarkan info di website, Danakoo menawarkan produk pembiayaan dengan sistem syariah dan non-syariah. Produk pinjaman Syariah di Danakoo ada dua jenis, yaitu pinjaman multiguna Syariah dan multijasa Syariah.

#4 alamisharia
Alamisharia adalah perusahaan P2P terdaftar OJK yang berbasis Syariah, yang mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan. Jenis pembiayaan adalah invoice financing mulai dari Rp 50 juta sampai dengan Rp 2 Miliar.

#5 Duha Syariah

Duha Syariah adalah platform P2P terdaftar OJK yang mempertemukan Pemberi Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan untuk membeli barang atau jasa berdasarkan prinsip Syariah (Bebas riba). Duha menggunakan aplikasi pinjaman online yang bisa diunduh di Google Playstore. Setiap pengajuan pinjaman harus melalui aplikasi pinjaman online ini agar bisa mengajukan pinjaman pribadi tanpa riba.

Baca Juga : 5 Broker forex teregulasi oleh BAPPEBTI

Nah itu tadi beberapa daftar pinjaman online terdaftar di OJK yang bisa menjadi referensi anda jika ingin melakukan pinjaman online. Namun perlu di perhatikan juga untuk anda, sebelum anda meminjam di pinjaman online, pastikan anda memiliki kondisi keuangan yang cukup baik. Sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan jika jatuh tempo pengembalian pinjaman tersebut. Jangan sampai pinjaman ini hanya untuk gali lubang tutup lubang yang akan menjadi tidak baik untuk kondisi keuangan anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *