Apa itu FOMC ? Pentingkah FOMC Meeting untuk trader

  • Whatsapp

Apa itu FOMC ? Pentingkah FOMC Meeting untuk trader – Analisa teknikal dan analisa fundamental memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap trader yang menggunakan analisa fundamental dalam aktifitas trading nya tentu akan memperhatikan FOMC saat hendak melakukan perdagangan.

Apa itu FOMC ? pentingkah FOMC sehingga seorang trader harus memperhatikan hal ini. FOMC adalah kependekan dari Federal Open Market Committee, yang merupakan dewan rapat kebijakan bank sentral Amerika Serikat. Kebijakan-kebijakan yang dihasilkan FOMC cenderung berdampak global dan akan selalu didahului oleh rumor, hingga market mampu terguncang sejak sebelum publikasi pengumuman FOMC. Untuk itu banyak trader memperhatikan FOMC ketika hendak melakukan perdagangan.

Bisa di katakan bahwa FOMC adalah pengumuman penting yang di keluarkan otoritas amerika serikat yang wajib untuk di ketahui dan di perhatikan oleh trader forex yang menggunakan analisa fundamental dalam perdangannya.

Hasil dari keputusan-keputusan yang diumumkan pasca rapat FOMC hanya berlaku di wilayah Amerika Serikat. Namun kebanyakan investor menggunakan keputusan tersebut sebagai acuan dalam mengambil keputusan investasi baik jangka panjang ataupun dekat. Oleh karenanya, dampak dari putusan rapat FOMC bisa mempengaruhi kuat atau lemahnya nilai tukar USD, naik-turunnya saham-saham di bursa efek AS, imbal hasil obligasi, dan lain sebagainya.

Secara struktural, Federal Open Market Committee (FOMC) merupakan komite yang beranggotakan para pejabat tinggi bank sentral Amerika Serikat yang disebut Federal Reserve (The Fed). Angota FOMC terdari 2 anggota yaitu anggota permanen FOMC dan anggota bergilir FOMC yang meliputi anggota-anggota FED wilayah New York, Philadelphia, Minneapolis, Dallas, Chicago, St. Louis, Kansas City, Boston, Cleveland, Richmond, San Francisco, dan Atlanta.

Kapankah Rapat FOMC Diselenggarakan?

Rapat FOMC ini biasanya dilakukan delapan kali dalam kurun waktu setahun, dengan jadwal yang sudah dirilis setiap di awal tahun. Pertemuan rutin itu akan membahas tentang berbagai kondisi ekonomi dan keuangan pada saat periode yang sedang berjalan. Selain itu, ini juga dilakukan guna memutuskan kenaikan ataupun penurunan tingkat suku bunga Amerika Serikat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *