Kurs Rupiah 16500, nyaris anjlok ke level krisis 1998

  • Whatsapp

Kurs Rupiah 16500, nyaris anjlok ke level krisis 1998 – Nilai tukar rupiah semakin melemah dan nyaris menyentuh level terendahnya di Level terendah sepanjang masa di tahun 1998 yaitu 16.950.

Di kutip dari data investing.com Hingga pukul 11.55 Senin (23/03), rupiah anjlok 4,25% atau berkurang 675 poin di 16.575,0 per dolar AS. Kemorosotan nilai kurs rupiah ini imbas dari semakin merebaknya dampak dari virus corona yang semakin bertambah setiap harinya. Jika level harga 16.950 di sentuh dan semakin merosot maka kurs rupiah menjadi yang terburuk sepanjang masa.

#Dampak Rupiah Melemah
Bagi negara yang memiliki utang dalam USD, utang menjadi membengkak membengkak karena pelemahan kurs rupiah ini. Nilai rupiah yang harus dikumpulkan untuk membayar utang jadi jauh lebih banyak dibandingkan ketika kurs rupiah pada saat lebih kuat dari sekarang.

Biaya impor barang menjadi lebih mahal, Bagi produsen, belanja bahan baku yang masih impor jadi lebih mahal. Tentu saja ini akan berimbas pada usaha-usaha yang menggantungkan pada bahan baku import. Para investor ada kemungkinan menjual obligasi dan surat utang negara. Mereka beralih memborong dolar. Semakin banyak yang menjual, rupiah bisa terpengaruh dan nilai tukar rupiah melemah.

Nilai tukar rupiah yang semakin merosot tentu membuat perekonomian di indonesia ikut terganggu. Semoga saja nilai tukar rupiah semakin menguat dan perekonomian di indonesia semakin stabil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *