Optimis Pertemuan AS dan China, USD/JPY Terus Naik

  • Whatsapp

Forex Online IndonesiaUSD/JPY saat ini mencapai angka yang positif dimana diperdagangkan pada angka 110,58. Angka ini sendiri dianggap positif karena berada tidak jauh dari level tinggi Asia di awal yakni dengan angka 110,64. Meskipun angka itu didapat dengan bull yang lambat dalam koreksi tentatif akhir sell-off pada pekan lalu, bulls tersebut perlahan mulai bergerak dengan dolar.

Di sisi lain, akibat pembicaraan di tengah perang dagang antara AS dan China menumbuhkan optimisme dan juga menyemangati pergerakan ekonomi lain yang tercatat seperti Dollar Aussie. Meskipun demikian, masih ada banyak hal yang akan dibahas di Washington minggu ini sebagai lanjutan dari pembicaraan AS dan China tersebut. Dari pertemuan di Washington tersebut perlu banyak diambil informasi mengenai mana yang naik dan mana yang harus turun agar dapat mengambil keuntungan yang bisa diambil. Tak hanya itu saja, sentimen positif ini memiliki kemungkinan akan memudar kembali kecuali jika desas-desus aksi jual dari fakta perdagangan kembali disebar.

Baca Juga : Jatuh Bangun Dollar AS

Fokus ekuitas global akan tertuju pada saham Asia dalam hari ini dan mungkin dalam minggu ini. Apabila kinerja positif kemarin dibandingkan dengan komposit Shanghai rally maka akan muncul sekitar 2,68 persen dan kembali ditutup pada angka sekitar 2.754,36.  Untuk komponen Shenzhen sendiri menambahkan 3,954 persen yang kemudian ditutup pada angka sekitar 8.446,92. Hal yang sama juga terjadi pada indeks Hang Seng Hong Kong yang menambahkan angka 1,5 persen yang mana Nikkei 225 Jepang juga berakhir dengan tambahan 1,82 persen yang kemudian ditutup pada angka 21.281,85.

Padahal di awal pembukaan sempat penuh keraguan yang mana para pedagang merasa tidak yakin dengan apa yang langkah yang harus diambil terhadap isu dan pemberitaan China pada akhir pekan ini. Pemberitaan tersebut memperingatkan optimisme namun berhati-hati atas pembicaraan dari perdagangan. Sementara itu, yen juga diprediksi dapat mengambil isyarat sebagai imbal hasil treasury AS yang mana imbal tersebut merupakan 10 tahun yang disiratkan oleh pasar berjangka. Kisaran besarannya semalam berkisar antara 2,66% dan 2,67%.

Sebelumnya, Kepala Analis di FXStreet, Valeria Bednarik, menjelaskan mengenai gambar jangka pendek yang sekarang berubah menjadi netral menurut grafik selama 4 jam. Valeria Bednarik juga menjelaskan bahwa pasangan USD/JPY ini akan terus berkembang jauh bahkan di atas SMA 100 dan 200. Di sisi lain, indikator RSI menunjukkan berbalik datar di sekitar angka 53 dan momentumnya kini berubah ke utara yang mana  bertujuan memasuki wilayah yang positif.

Baca Juga : Poundsterling Melorot Karena GDP Inggris Jatuh

Meskipun demikian, ada risiko pergerakan ke bawah yang kemudian akan meningkat pada penembusan di bawah angka 110,10, padahal sementara ini bull akan lebih merasa percaya diri pada kenaikan angka di atas 111,00. USD/JPY juga memberikan dampak positif memperpanjang kenaikan intraday stabilnya yang terjadi sepanjang awal sesi Eropa. Bahkan saat ini pasangan USD/JPY berada di ujung atas kisaran perdagangan untuk jangka hariannya yakni di sekitar angka 110,60.

Banyak pihak yang merasakan bahwa tumbuhnya optimisme atas kemungkinan muncul resolusi dari sengketa perdagangan AS-China. Apalagi terutama setelah kedua belah pihak baik AS maupun China melaporkan adanya kemajuan dalam pembicaraan tersebut pekan lalu. Sebagai dampaknya, hal ini akan terus membebani status dari safe-haven Yen Jepang pada USD serta membantu pasangan USD/JPG untuk menghasilkan rebound pada Jumat dari level 110,25.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *